Tottenham raih hasil imbang dramatis 2-2 di White Hart Lane

 

West Ham berhasil mengamankan keunggulan dua gol melalui Cheikhou Kouyate dan Diafra Sakho dengan 10 menit tersisa tetapi tembakan Danny Rose berhasil melewati gawang dan kemudian Kane – dijatuhkan oleh Alex Song – menembakkan dua upaya, enam menit di saat babak tambahan waktu.

Tottenham, yang total berhasil mengamankan 16 angka dari posisi tertinggal selama musim ini, tetap berada tiga poin di luar empat besar di posisi tujuh, sementara tim tamu tetap duduk di bawah klasemen setelah digagalkan dari apa yang akan jadi kemenangan pertama mereka dari empat pertandingan Liga Primer.

Kane – saat ini dengan 24 gol musim ini – dipanggil bersama Moussa Dembele dan Ryan Mason setelah menghabiskan pertandingan tengah pekan menghadapi Fiorentina dari bangku cadangan, bos Mauricio Pochettino cukup hati-hati menjaga para pemain tetap fresh untuk menghadapi jadwal ketat yang meliputi final Capital One Cup minggu nanti.

Tim tuan rumah memulai pertandingan dengan baik dengan Nabil Bentaleb mencatatkan tembakan terarah pertamanya di menit delapan, Adrian berhasil mementahkan bola ke sisi kanan gawang.

Kane menyusul momen tersebut ketika dia mencoba mencip bola dari kiper West Ham tetapi gagal memperoleh tembakan yang tepat pada bola.

Kouyate memberikan keunggulan bagi tim Sam Allardyce di menit 22. Tekanan yang baik dari sisi kiri lapangan memungkinkan Aaron Cresswell mengirim umpan silang ke dalam kotak penalti dan pemain tengah ini melompat melewati Eric Dier dan Jan Vertonghen untuk memberi keunggulan.

Spurs coba membuat banyak peluang di babak pertama dan umpan mereka tiak berjalan baik hingga turun minum.

Enner Valencia seharusnya berhasil menggandakan keunggulan tim tamu sebelum menit 60 ketika dia mengalahkan Kyle Walker dalam adu sprint sebelum melepaskan tembakan di luar kotak, tetapi Dier dan Vertonghen berhasil mementahkan bola tersebut dengan badannya.

West Ham akhirnya menggandakan keunggulan setelah satu jam berlalu ketika Sakho berhasil mengamankan gol tandang pertamanya sejak 18 Oktober. Penyerang ini mulai bergerak ketika umpan silangnya melintasi kotak dan Mark Noble – di sisi lain mengambil bola mentahan tersebut – memungkinkan Sakho untuk menyambut bola dan menembak melewati Hugo Lloris dekat tiang gawang.

Tampak malang buat Spurs ketika gol Kane dianulir karena offside, sebelum Adrian mengamankan bola tendangan bebas dari pemain pengganti Christian Eriksen.

Sembilan menit sebelum pertandingan usai Adrian yang tampil meyakinkan melakukan kesalahan pertama dalam pertandingan ketika dia menepis bola silang Erik Lamela tetapi maju terlalu jauh, memungkinkan tembakan lemah Rose memasuki gawang yang ditinggal kosong.

Allardyce terus kuatir sepanjang pertambahan waktu yang panjang ketika Spurs terus menggempur dan dengan beberapa detik tersisa, Kane – berlari ke dalam kotak – dijatuhkan oleh Alex Song.

Wasit menunjuk titik putih dan ketika Adrian berhasil menepis tendangan penalt tersebut, penyerang yang tengah pada puncanya ini juga cukup cepat bereaksi untuk memanfaatkan bola rebound.